K epada redaktur OTTOMAN DR. dr. Probosuseno, Sp.PD, K-Ger, FINASIM selaku ahli Geriatri dan juga Ketua Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia, menyarankan agar kalangan milenial mempersiapkan sebaik-baiknya sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri; khususnya saat berumroh.
Selain refreshing, traveling juga bisa dilakukan untuk tujuan spiritual. Salah satunya adalah dengan umrah atau dikenal dengan haji kecil ke Mekkah. Bagi sebagian orang, saat pertama kali melakukannya pasti ada perasaan nervous dan penasaran dengan suasana di tanah suci. Nah, buat kamu yang juga punya rencana untuk umrah dan ingin tahu apa sih yang semestinya dipersiapkan, di sini Ottoman punya tips dan informasi yang bisa membantu kamu dalam mempersiapkan perjalanan umroh kamu.

  1. Pemilihan Waktu
    Biar-pun umrah bisa dilakukan kapan saja, tetapi kamu mesti jeli menentukannya agar bisa merasa nyaman dan ibadah pun berjalan lancar. Saat musim panas, yaitu antara bulan Juni – Agustus, temperatur di Mekkah bisa mencapai 450C. Sedangkan pada saat musim dingin, yaitu antara bulan November – Februari, temperatur malam hari mencapai 80C, sedangkan siang hari berkisar antara 380C – 420C. Setelah tahu kondisi temperatur di Mekkah, kamu mau pilih berumrah di bulan apa? Tidak hanya itu, kalau kamu ingin mengurangi biaya umrah, hindari untuk pergi pada musim liburan dan rama-dan ya kare-na biaya-nya bisa membengkak. So, rencanakan waktu yang tepat ya.
  2. Mencari Agen Travel Terpercaya
    Tips kedua, carilah agen travel yang sudah dipercaya. Kamu bisa mencari informasi dari saudara, teman, atau testimoni dari orang yang sudah pernah memakai jasa mereka. Jangan sampai kamu membayar mahal namun akomodasi yang kamu nikmati tidak sepadan. Jika ingin fokus berumroh lebih baik kamu pilih paket travel reguler. Dengan begitu kamu tidak perlu singgah kemana-mana, seperti Dubai, Turki, Mesir, dan Malaysia. Jadi hanya ke Mekkah saja. Setelah itu, kamu bisa segera mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Seperti paspor, foto close up, dan kartu kuning berisi vaksinasi meningitis dan influensa.
  3. Jaga Kebugaran Fisik
    Tips ketiga, karena umrah masuk dalam kategori ibadah dan olahraga, kamu juga disarankan untuk mulai latihan jalan kaki atau jogging. Tahu sendiri kan, kalau saat umrah kamu harus melakukan tawaf, sa’i, dan harus berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Kamu bisa melatih diri dengan melakukan olahraga ringan secara teratur agar tubuh kamu terbiasa. Dengan begitu, fisik pun makin kuat. Selain itu, mulailah untuk membaca dan mempelajari buku-buku umrah beserta doa-doa, shalat sunah. Kamu pun nantinya punya bekal dan informasi yang cukup sebelum berangkat.
  4. Membawa Perbekalan Secukupnya
    Tips keempat, kamu juga mesti membawa perbekalan yang cukup dan diperlukan. Misalnya, pakaian ihram, sandal/sepatu, kaus tangan, kerudung panjang atau lebar, kaus kaki, face moisturizer, hand and body lotion, pakaian secukupnya, pakaian tidur, gamis atau pakaian panjang, mukena, sajadah, Al Quran, obat-obatan, multivitamin, pembalut untuk wanita, panty liner, kacamata hitam jika diperlukan, topi kecil, dan keperluaan pribadi. Selain itu, tidak ada salahnya kok kamu bawa kamera saku, colokan dengan 3 lubang, HP, dan charger. Dengan begitu, kamu tidak akan kelimpungan untuk berkomunikasi dengan kerabat di tanah air.
  5. Membawa Bekal Secukupnya
    Tips kelima, bawahlah uang secukupnya saja. Dan yang penting, jaga selalu kesehatan fisik dan mental agar tidak kaget. Mulailah belajar untuk ikhlas dan sabar karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tanah suci. Dengan persiapan yang matang, kamu bisa beribadah dan menikmati kegiatan umrah di tanah suci Mekkah.
    Berikut lima tips yang mungkin bisa membantu kamu yang berencana ingin menjalankan ibadah umroh untuk pertama kalinya. Pastikan dengan baik setiap dokumen dan barang bawaan kamu agar tidak mengganggu setiap aktivitas dan kegiatan kamu selama melakukan perjalalan. Selamat berwisata religi ke Mekkah ya. (ottoman.co.id)